Selasa, 17 Oktober 2017
Follow:  
www.saturiau.com
 
Leonardo DiCaprio kritik pemerintah Indonesia soal kelapa sawit
Jumat, 01 April 2016 - 18:01:34 WIB

TERKAIT:
 
  • Leonardo DiCaprio kritik pemerintah Indonesia soal kelapa sawit
  •  

    satuRIAU.com- Aktor pemenang Oscar 2016, Leonardo DiCaprio baru-baru ini berkunjung ke Indonesia. Dia bahkan melawat ke Leuser di Aceh.

    Beberapa waktu lalu, Leo pergi keTaman Nasional Gunung Leuser. Hal ini diunggah dalam akun Instagram Leo.

    Akibat foto yang diunggahnya itulah dia sempat terancam dideportasi. Pasalnya, dalam keterangan di foto, Leo menyindir pemerintah Indonesia tidak becus dalam menjaga alam liar yang sebenarnya indah.

    "Sebuah tempat keanekaragaman hayati kelas duni, #Indonesia Leuser Ecosystem merupakan salah satu daerah paling penting dari hutan tropis yang masih utuh, salah satu yang tersisa di Asia Tenggara. Hutan merupakan rumah bagi populasi hewan liar, salah satu yang terbanyak #Orangutan Sumatera yang terancam punah. Namun, ekspansi kelapa sawit menghancurkan tempat yang unik ini. Sekarang merupakan waktu yang tersisa bagi kita untuk menyimpan kekayaan alam di Leuser Ecosystem ini. Kita harus segera menyusun solusi permanen untuk mengembalikan aset alam yang berharga. Klik situs di bio ini untuk menjaga alam. #SaveLeuserEcosystem #Indonesia," tulis Leo dikutip dari akun Instagram @leonardodicaprio, dua hari lalu.

    Sindiran Leo sepertinya mengena di hati pejabat tinggi Indonesia. Anggota DPR, pengusaha kelapa sawit dan juga tokoh masyarakat sungguh sangat sensitif pada sindiran halus Leo.

    Salah satu anggota DPR yang digandeng Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) malah menuduh Leo menggunakan lingkungan sebagai kedok untuk mengganggu kedaulatan Indonesia. Sementara pengusaha kelapa sawit merasa Leo salah sasaran jika megkritik lahan Indonesia.

    "Dia seharusnya melakukan kampanye di Hutan Amazon yang dibabat habis untuk perkebunan minyak nabati kedelai," kata salah satu pengusaha.

    Anggota Komisi IV DPR, Firman Subagyo bahkan mengatakan Leo dapat dideportasi. Di berbagai media, Firman terang-terangan meminta Kepala BIN dan Kapolri untuk menindak tegas pemeran utama The Revenant itu untuk dideportasi.

    "Saya sampaikan kepada Kepala BIN dan Kapolri untuk menindak tegas kelompok tersebut. Saya minta (Ditjen) Imigrasi untuk mendeportasi Leonardo apabila dia terbukti melakukan kampanye hitam sawit kita," seru dia.

    Sementara itu, dilansir dari coconutjakarta, Jumat (1/4), Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F Sompie, mengatakan imigrasi berhak untuk mendeportasi aktor pemeran Jack dalam film Titanic itu.

    Kalau ada pernyataan yang mendiskreditkan pemerintah maupun kepentingan Indonesia, dia bisa dideportasi. Karena dia sedang berada di Indonesia, Imigrasi punya hak mendeportasinya," pungkas Ronny.

    "Kalau dia berada di Indonesia untuk keperluan lain, dengan melakukan aktivitas yang mengganggu ketertiban umum maupun mengganggu kepentingan Indonesia, maka imigrasi siap mendeportasi."

    Kini, Leonardo dilaporkan sudah bertolak kembali ke negara asalnya.(*)

    editor :rido
    sumber: merdeka.com



     
    Berita Lainnya :
  • Leonardo DiCaprio kritik pemerintah Indonesia soal kelapa sawit
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan